• CHIC Magazine on Pinterest
    • CHIC Magazine on Youtube
Monday, 20 February 2012
Otot Sering Kram? Ini Penyebabnya
Otot Sering Kram? Ini Penyebabnya

TERBANGUN dari tidur malam dengan otot betis mengalami kram, tentu bukan pengalaman yang menyenangkan. Rasa nyerinya luar biasa. Bahkan bisa membuat kita jalan terpincang-pincang di pagi hari. Uniknya, kejadian ini cukup sering kita alami.

          Mengapa bagian yang paling sering terserang kram adalah kaki? Hal ini dikarenakan otot kaki merupakan jaringan paling enerjik. Selain itu, kaki juga menjadi penopang berat tubuh sehingga rentan mengalami tekanan yang berlebihan. Ada tiga penyebab utama kram, yaitu:

1. Kekurangan mineal dan vitamin B

          Salah satu fungsi vitamin B adalah menyediakan energi untuk pergerakan otot. Kalau kita kekurangan vitamin B, energi bagi otot pun ikut berkurang. Akibatnya terjadilah kram otot. Penyebab lainnya adalah kekurangan mineral seperti zinc, kalsium, kalium, dan potasium.

2. Gangguan elektrolit dalam otot

          Ini diakibatkan kurangnya pemanasan sebelum olahraga. Akibatnya, sirkulasi darah di otot kurang lancar. Selain itu, bisa juga karena penimbunan zat-zat sisa metabolisme dan kepanasan. Alhasil, terjadi tegangan atau kerutan otot yang hebat.

3. Kerja otot berlebihan

          Misalnya, mengetik sambil tengkurap atau duduk sambil melipat kaki dalam waktu lama. Kram juga terjadi jika kita berolahraga terlalu berlebihan sehingga otot menjadi kaku dan kejang. Sementara kram di daerah leher bisa terjadi karena kita terlalu lama menunduk. (Erma)